Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blogger Pribadi Gratis

Cara membuat blogger pribadi - Menjadi seorang blogger merupakan salah satu hobi menulis yang terfasilitasi melalui media internet. Untuk menjadi seorang blogger kita bisa membuat melalui platform dari Google seperti blogger.com . Platform blogger dari Google satu ini sangat populer dikalangan para penulis konten blog.

Cara membuat blogger pribadi sebenarnya sangat mudah dilakukan, dan kabar baiknya jika Anda benar-benar hobi menulis, membuat blogger dapat dilakukan dengan cara gratis. Blogger sendiri merupakan salah satu platform yang disediakan bagi para penulis untuk berbagai topik informasi untuk para pembaca.

Cara Membuat Blogger Pribadi

Jika Anda membuat blog melalui situs blogger akan mendapatkan alamat domain berkahiran blogspot.com . Anda juga bisa mengganti domain yang lebih keren seperti .com, namun harus memerlukan biaya untuk membeli domain tersebut.

Selain menjadi sebuah hobi memiliki blog juga bisa menghasilkan uang dengan catatan blog yang Anda miliki sudah terdapat pengunjung hariaan yang banyak dan konsisten setiap hari. Dengan memiliki pengunjung nanti bisa Anda manfaatkan untuk berjualan produk atau jasa atau bekerjasama dengan platform lainnya untuk affiliate seperti shopee atau tokopedia.

 

Cara Membuat Blogger Pribadi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membuat blogger pribadi, mulai dari topik yang ingin dituliskan hingga mengenai pengetahuan tentang hal teknis yang berhubungan dengan blogger itu sendiri. Berikut adalah berapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengetahui cara membuat blogger pribadi.

Menentukan Topik atau Niche

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tentukan terlebih dahulu mengenai topik blog yang ingin Anda buat. Topik ini kami sarankan yang berhubungan dengan hal yang Anda ketahui. Langkah cara membuat blogger pribadi satu ini nantinya akan berpengaruh kepada personal branding Anda kedepannya.

Jika Anda ahli dibidang pemasaran, Anda bisa membuat artikel atau blog yang berhubungan dengan pemasaran. Keuntungan jika Anda tepat dalam menentukan topik adalah tidak menutup kemungkinan Akan banyak yang mengenal tulisan Anda dan secara tidak langsung bisa Anda manfaatkan untuk berjualan berupa produk atau jasa jika sudah memiliki pengunjung yang lumayan.

 

Mempelajari SEO (Search Engine Optimization)

Mempelajari SEO sangatlah penting dalam membangun sebuah blog, jika Anda ingin membangun blogger pribadi maka produk utama adalah konten tulisan. Dan untuk membuat sebuah konten tulisan dibutuhkan tata cara atau trik agar tulisan tersebut ramah dimata mesin pencari seperti Google.

Disinilah fungsi SEO, tujuannya adalah setiap tulisan atau blog Anda yang sudah memiliki standar SEO maka tulisan Anda akan mudah dicari dengan kata kunci tertentu dan bisa ditampilkan dihalaman pertama Google.

Jika tulisan Anda dihalaman pertama Google maka potensi pengunjung akan banyak, dan blog Anda akan lebih dikenal.

 

Mempelajari Teknis Blogging

Langkah selanjutnya sebelum Anda mempelajari cara membuat blogger pribadi adalah Anda harus mempelajari teknis yang berhubungan dengan dunia blogging. Teknis ini mencakup banyak hal seperti mengerti hal tentang HTML dan CSS, mengerti tentang domain hosting, dan pengaturan template blog agar blog yang Anda miliki ramah saat dikunjungi serta tidak membingungkan pengunjung.

Pengaturan navigasi seperti tata letak menu dan informasi sangtlah penting dalam sebuah blog. Dengan pengaturan menu navigasi dalam blog yang jelas menjadikan pengunjung nyaman saat mengunjungi blog yang Anda miliki.

Selain itu jika Anda menguasai hal teknis manfaat yang didapat adalah jika terjadi masalah teknis pada blog Anda , Anda dapat mengatasi sendiri secara teknis terhadap masalah-masalah internal yang terjadi pada blog .  Hal teknis ini bisa Anda pelajari sambil berjalan seiring jam terbang Anda didunia blogger meningkat.

 

Daftar Google Adsense

Jika blog yang Anda miliki sudah ramai pengunjung, dan tulisan-tulisan Anda banyak yang page one Google. Kami sarankan Anda mendaftarkan ke Google Adsense. Google Adsense merupakan platform dari Google untuk penulis blog atau publisher untuk menampilkan iklan melalui blog yang Anda miliki.

Dengan demikian Anda berpotensi bisa mendapatkan uang dan mendapat penghasilan bulanan dari Google Adsense melalui blog yang Anda miliki.

Untuk langkah ini sebaiknya dijadikan rencana jangka panjang bagi Anda,  dan saran kami  sebaiknya langkah awal Anda fokus membuat konten yang bermanfaat bagi pembaca terlebih dahulu, agar Anda fokus membangun blog pribadi dengan hasil yang optimal.

 

Langkah Teknis Cara Membuat Blogger Pribadi

Untuk langkah teknis cara membuat membuat blogger pribadi memang sangat panjang untuk dilakukan. Maka dari itu kami membuat artikel tersendiri mengenai cara membuat blogger pribadi ini khusus untuk Anda.

Sebelumnya kami sudah mengulas contoh blogger pribadi yang sudah kami buat. Blog ini adalah contoh blog dengan topik tentang pertanian, untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat secara online pada alamat https://ilmutentangtani.blogspot.com/ .

Langkah step by step mengenai cara membuat blogger pribadi diatas kami jelaskan secara detail dalam artikel Panduan Cara Membuat Blogger Pribadi .

Anda bisa membaca dan mempraktekannya secara langsung pada artikel yang sudah kami bahas diatas. Untuk membuat blogger diatas Anda harus mempersiapkan gmail untuk masuk dan mendaftar ke akun blogger.

Demikian artikel kami mengenai duni blogger ini semoga bermanfaat buat Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blogger Pribadi Gratis"