Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Sekrap Pengertian Fungsi dan Harga

 

Mesin sekrap adalah mesin yang berfungsi untuk mengerjakan pekerjaan bidang yang rata, cekung, cembung , memiliki alur dan lainnya dalam posisi kedudukan tegak maupun miring. Mesin sekrap ini termasuk jenis mesin manufaktur yang prinsip kerjanya menggunakan gerakan linear reciprocating dari sebuah alat pemotong sistem satu titik sehingga menghasilkan jalur alat-alat linear.

Mesin ini banyak ditemui untuk kebutuhan pembuatan berbagai macam perkakas karena kemampuannya dalam merubah bidang kedalam berbagai macam bentuk sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan. Dan berikut adalah fungsi utama dari mesin ini.

  1. Mesin sekrap digunakan untuk membuat benda menjadi cekung, cembung atau kombinasi antara keduanya.
  2. Membuat alur dan slot serta alur pasak
  3. Menghasilkan permukaan agar datar dalam bidang horizontal maupun vertikal.
mesin sekrap


Sistem kinerja dari mesin sekrap ini adalah dengan benda yang proses dipotong atau disayat dalam posisi keadaan diam dengan sistem di jepit terlebih dahulu pada ragum. Kemudian pahat pada mesin bergerak lurus maju mundur atau bolak balik melakukan penyayatan pada benda.

 

Prinsip kerja mesin sekrap

Mesin ini memiliki prinsip kerja dengan beberapa tahapan. Dan berikut adalah prinsip kerja pada mesin ini :

  1. Benda yang akan di proses akan diperbaiki pada meja mesin dan di ikat pada ragum mesin untuk memastikan agar benda tidak berpindah posisi
  2. Setelah itu alat pemahat atau pemotong sekrap dipasang pada tiang pahat yang terletak di ram. Alat pemahat ini memiliki gerakan lurus maju mundur dengan mekanisme gerakan yang cepat.
  3. gerakan alat pemahat tercipta dari mesin motor penggerak yang terhubung dengan roda bertingkat dan dihubungkan dengan belt.
  4. Ketika proses pengerjaan, alat akan menggosok benda kerja dan menghilangkan benda yang tidak di inginkan untuk di cetak sesuai dengan kebutuhan
  5. Dan ketika proses kerja sapuan kembali mesin akan bekerja dengan memberikan jarak antara alat pahat dengan benda kerja. Sehingga tidak terjadi pemotongan ketika alat pahat bergerak balik untuk menghasilkan benda kerja yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Jenis-jenis mesin sekrap

Mesin sekrap sendiri dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah menurut jenis sumber gerakan, jenis menurut posisi ram dan yang terakhir menurut jenis meja mesin. Dan berikut ini adalah pengertian dari masing-masing jenisnya.

 

Menurut jenis meja mesin

Mesin ini menurut jenis meja terdapat beberapa jenis di dalamnya, dan berikut adalah jenis mesin ini menurut jenis meja mesin.

sekrap standar : mesin ini memiliki meja yang hanya memiliki dua gerakan yaitu gerakan vertikal dan horizontal. Oleh karena itu mesin ini dinamakan mesin sekrap standar.

sekrap umum : mesin jenis ini memilki kinerja pergerakan horizontal dan vertikal. Selain itu mesin juga dapat melakukan pergerakan pada porosnya sendiri dan bergerak pada sumbu miring.

sekrap push cut : mesin ini bekerja dengan menghilangkan logam dengan sistem gerakan maju ram.

sekrap draw shaper cut : kebalikan dari push cut mesin ini bekerja dengan sistem menghilangkan logam dengan gerakan mundur ram. Pemasangan pahat dipasang pada kepala pahat dengan arah terbalik. Sehingga sistem kerja pahatnya bekerja ketika posisi dalam keadaan gerakan mundur.

 

Menurut jenis posisi ram

Berikut ini adalah jenis mesin menurut posisi ram.

Sekrap vertikal : mesin jenis ini bergerak pada gerakan vertikal, jenis mesin ini banyak digunakan untuk melakukan pemotongan slot, lubang kunci dan pemotongan alur.

mesin sekrap vertikal

 

Sekrap horizontal : mesin jenis ini memiliki gerakan horizontal , sistem kinerja mesin ini pada bagian kepala pahat yang terhubung ke ujung ram bergerak horizontal pada sumbu. Fungsi utama sekrap jenis ini yaitu untuk menghasilkan permukaan datar, alur pasak, dan lainnya.

mesin sekrap horizontal

Sekrap eretan (traveling head shaper ): mesin jenis ini difungsikan untuk benda yang tidak bisa ditempatkan diatas meja dengan kata lain benda kerja yang berukuran besar. Kinerjanya ram bekerja dengan gerakan reciprocating dan juga bisa melakukan gerakan menyilang.

 

mesin sekrap eretan

Menurut sumber gerakan

Sekrap jenis hidrolik : mesin ini berfungsi untuk menghasilkan benda dengan potongan yang sangat halus dan sistem tenanganya menggunakan sistem hidrolik untuk gerakan bolak balik padaa ram. Jenis hidrolik ini memiliki kelebihan yaitu hasil potongan menghasilkan potongan yang rapi dan sama. Selain itu mesin model ini juga tidak berisik.

Sekrap jenis engkol : mesin sekrap ini menggunakan mekanisme gerakan dengan sistem engkol untuk menggerakan ram secara bolak balik. Kepala pahat di isikan kedalam ram kemudian roda gigi berputar dan menjadi gerakan bolak balik untuk menghasilkan operasi pemotongan yang di inginkan.

Sekrap jenis roda gigi : mesin ini memiliki sistem kinerja dengan memanfaatkan susunan rak dan pinion untuk membuat ram agar bergerak melakukan operasi pemotongan. Untuk kecepatan gerakan juga ditentukan berdasarkan jumlah roda gigi serta pengaturan saat pengoperasiannya. Namun mesin jenis ini sudah jarang digunakan di industri sekarang.

 

Bagian-bagian mesin sekrap

mesin sekrap memiliki bagian bagian yang berfungsi sebagai satu kesatuan untuk proses kinerja yang maksimal. Berikut adalah bagian-bagian dari mesin ini.

Bagian bodi : Bagian ini adalah bagian rangka utama mesin yang berfungsi untuk menopang berbagai perlekapan pendukung yang meunjang kinerja mesin ini. Bagian bodi ini sendiri di desain sangat kokoh dan kuat.

Bagian meja mesin : bagian ini berfungsi sebagai alas atau tempat bahan yang akan diolah melalui mesin ini. Meja sendiri dapat diputar sesuai dengan sudut yang ditentukan untuk memudahkan pergerakan bahan yang di proses.

Bagian ram : ram berfungsi sebagai penggerak yang isi oleh pahat, kinerja ram sendiri bergerak maju mundur untuk memahat bahan yang di proses. Posisi ram sendiri terletak diajas meja yang dijepit kuat oleh pelindung ram sehingga tetap bergerak lurus saat digunakan dengan gerakan cepat.

Bagian pengatur kecepatan : bagian ini berfunsi untuk mengaut tempo kecepatan ram sesuai dengan kebutuhan pemotongan. Untuk memfungsikan pengaturan ini hanya dapat dilakukan ketika mesin dalam keadaan mati.

Bagian eretan pahat : bagian ini berfungsi untuk mengatur seberapa tebal pahatan yang akan dilakukan. Letak bagian eretan pahat ini terletak pada ujung lengan dan dibawahnya ditumbu dengan dua baut mur sebagai pengikat selain itu bagian eretan ini bisa dimiringkan pada saat digunakan untuk menyekrap bidang dalam posisi miring atau memilik sudut.

mesin sekrap

Harga mesin sekrap

Jika Anda membeli mesin ini tentu akan menemukan harga yang beraneka ragam tergantung jenis mesin yang Anda beli, namu tentu mesin ini dijual dengan harga yang tidak murah. Harga mesin ini yang dijual di marketplace mulai dijual dengan harga diatas  Rp.100.000.000.

Posting Komentar untuk "Mesin Sekrap Pengertian Fungsi dan Harga"