Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Marketing Mix Produk Makanan

Contoh Marketing Mix Produk Makanan - Strategi marketing merupakan ujung tombak utama dalam sebuah perusahaan agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Tanpa adanya strategi marketing sebuah usaha tentu akan mati karna tidak ada cash flow pemasukan untuk menjalankan sebuah usaha.

Perkembangan strategi marketing sangat berkembang dengan cepat dengan berbagai teknik dengan diimbangi perkembangan teknologi digital. Pola pemasaran yang dahulu hanya bisa dilakukan melalui media cetak dan televisi dengan biaya yang mahal dan hanya bisa dilakukan perusahan besar, dizaman sekarang tentu sudah berubah polanya dimana para pengusaha kecil pun bisa melakukan startegi marketing dengan memanfaatkan media digital melalui internet.

Begitu juga dengan strategi marketing mix bagi para pelaku usaha, dizaman modern ini tentu banyak dilakukan pembaruan dan perubahan dalam melakukan promosi tanpa terlepas dari rumus marketing mix itu sendiri. Sebelum membahas tentang contoh marketing mix akan kami ulas apa itu mengenai marketing mix dan pengertiannya lebih lanjut, simak ulasan kami selanjutnya

 

Pengertian Marketing Mix

Secara umum marketing mix adalah strategi melakukan promosi produk perusahaan dengan memperhatikan beberapa aspek seperti aspek produk, penentuan harga, lokasi usaha dan startegi promosi. Kombinasi diantara keempat aspek tersebut biasa disebut dengan 4p (Product, Price, Place, Promotion).

Keempat aspek diatas tentu harus diolah sesuai dengan visi misi perusahaan dan harus di rencanakan dengan matang dalam melakukan startegi promosi yang tepat. Agar apa yang dibutuhkan konsumen dapat terpenuhi dan tujuan perusahaan dalam melakukan penjualan juga tercapai.

 

1# Aspek Produk

Untuk melakukan strategi marketing mix harus dilakukan analisa kebutuhan produk apakah produk yang kita jual nantinya dibutuhkan oleh masyarakat atau tidak, Faktor produk ini sangat penting dalam sebuah marketing mix karena akan menentukan hasil penjualan yang didapatkan.

Sebagai contoh sederhana jika ada perusahaan yang menjual kipas angin atau AC di daerah pegunungan tanpa dilakukan analisa mendalam, tentu hal ini akan sia-sia mengingat daerah pegunungan merupakan daerah dingin sehingga tidak dibutuhkan kipas angin atau AC .

Justru sebaliknya jika perusahaan tersebut menganalisa kebutuhan masyarakat didaerah pegunungan, karena cuaca pegunungan dingin maka yang cocok dijual disana adalah penghangat ruangan, pemanas air atau karpet lantai yang berfungsi untuk menghangatkan ruangan. Aspek analisa produk ini merupakan pilar utama dalam sebuah marketing mix.

 

2# Aspek Harga

Setelah menganlisa produk, lalu dalam sebuah usaha untuk menerapkan marketing mix yaitu menentukan teknik penerapan harga. Teknik penerapan harga ini juga harus memperhatikan psikologis konsumen. Psikologis konsumen mengenai harga tentu dipengaruhi karena faktor kebutuhan dan kekuatan keuangan yang dimiliki konsumen.

Ada konsumen yang tidak memiliki uang akan tetapi karena butuh barangnya makan konsumen juga akan mengusahaan keuangan untuk membeli produk tersebut dan sebaliknya, ada konsumen yang tidak terlalu butuh barang akan tetapi karena mimiliki uang yang banyak maka dia membeli produk yang Anda miliki. Teknik penerapan harga ini sangat perpengaruh pada kondisi, lokasi dan momen. Maka dari itu dalam menganalisa harga ini sangat penting untuk diperhatikan.

 

3# Apek Tempat

Tempat usaha merupakan lokasi yang dituju untuk konsumen membeli barang yang dibutuhkan. Lokasi ini juga mempengaruhi penjualan yang dilakukan sesuai segmen pasar. Dalam penentukan sebuah lokasi harus dianalisa berdasarkan kebutuhan masyarakat sekitar sesuai dengan produk yang dijual.

Aspek lokasi ini juga berhubungan erat dengan aspek produk dan aspek harga, sehingga diperlukan analisa yang mendalam dalam menentukan lokasi usaha yang Akan dijalankan.

 

4# Aspek Promosi

Promosi dalam dalam marketing mix sangatlah penting dilakukan untuk mendongkrak penjualan. Strategi promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara apalagi dizaman digital ini bisa dilakukan melalui media internet. Dalam menerapkan strategi promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan program harga promo atau pembelian barang dengan sistem poin.

Berbagai ide startegi promosi tentu bisa diterapkan dengan memperhatikan berbagai aspek seperti kompetitor, momen dan berbagai even acara yang mendukung untuk dilakukan startegi promosi. Berikut adalah contoh marketing mix produk makanan.

 

Contoh Marketing Mix Produk Makanan

Salah satu perusahaan sebagai  contoh marketing mix adalah perusahaan kekinian Kopi Kenangan. Usaha Kopi Kenangan merupakan contoh marketing mix produk makanan yang dalam menjalankan bisnisnya sudah menerapkan konsep marketing mix 4p.

 

Contoh marketing mix dari sisi produk

Dari aspek produk kopi kenangan menawarkan berbagai produk minuman kopi dengan konsep modern dan dengan segmen anak muda yang suka nongkrong sambil mengobrol santai. Sesuai dengan kebutuhan pasar untuk kawula muda di zaman sekarang dimana konsep bersantai di sebuah kedai kopi adalah hal yang sangat menarik. Dengan momen yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut terciptalah perusahana Kopi Kenangan dengan berbagai macam produk minuman kopi yang unik.

 

Contoh marketing mix dari sisi harga

Dari sisi harga yang ditawarkan oleh Kopi Kenangan juga relatif terjangkau, dengan berbagai varian yang ditawarkan dengan bermacam rasa dan juga harga yang ditawarkan juga bervariasi. Semua harga dikembalikan kepada konsumen dengan menyediakan berbagai pilihan harga yang ditawarkan.

 

Contoh marketing mix dari sisi tempat

Gerai yang tersedia untuk melakukan pembelian Kopi Kenangan juga tersebar untuk beberapa wilayah di Indonesia. Tidak hanya itu jika konsumen tidak bisa menjangkau secara langsung untuk melakukan pembelian. Kopi Kenangan juga memberikan pelayanan dengan sistem delivery. Lokasi yang tersedia merupakan lokasi dengan jangkauan yang mudah bagi para konsumen.

 

Contoh marketing mix dari sisi promosi

Kopi kenangan sangat gencar dalam melakukan strategi promosi seperti melalui pemanfatan media internet dengan tersedianya media website perusahaan. dan liputan media nasional, promosi juga dilakukan dengan penerapan harga diskon dengan menerapkan sisi psikologis konsumen. Sebagai contoh untuk pembukaan outlet baru pelanggan akan mendapatkan diskon 30% pembelian atau jika membeli sering ceckin setiap hari akan mendapatkan hadiah..

 

contoh marketing mix

 

Selain itu dalam mengembangkan loyalitas konsumen Kopi Kenangan juga menyediakan aplikasi berbasis android untuk menawarkan berbagai promosi menarik bagi para pelanggannya yang mendownload menggunakan aplikasi.

Demikian adalah pembahasan kami mengenai contoh marketing mix semoga pembahasan ini dapat membantu membuka wawasan Anda.

 

Posting Komentar untuk "Contoh Marketing Mix Produk Makanan"