Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 GB Berapa MB Kuota ya? Ini Jawabannya Secara Jelas

1 GB berapa MB ? mungkin pertanyaan itu banyak ditanyakan oleh orang-orang terutama bagi mereka yang awam dibidang IT. Satuan ini sering digunakan untuk menggunakan instilah kuota internet atau kecepatan akses internet baik melalui paket data maupun layanan internet bulanan seperti indihome.

Sebelum kita mengulas lebih jauh mengenai itu, sebelumnya akan kami jelasnya mengenai satuan kecepatan insternet ini bagi Anda yang masih awam tentang hal ini. GB adalah singkatan dari Gigabyte dimana satuan ini untuk mejelaskan kecepatan akses internet atau kuota yang dimiliki sebuah paket data internet.

Sedangkan MB adalah singkatan dari Megabyte dimana satuan ini adalah satuan lebih kecil satu tingkat dari satuan gigabyte. Dalam istilah kuota internet atau paketan internet yang sering dijual diberbagai gerai atau konter. Istilah GB dan MB ini sering digunakan untuk menjadi patokan satuan data atau kuota internet.

Lalu pertanyaannya 1 GB berapa MB ? jawabannya akan kita ulas lebih dalam pada penjelasan berikutnya.

 

Penjelasan 1 GB berapa MB

Informasi yang beredar luas yang diketahui orang secara umum 1 GB sama dengan 1000 MB untuk mempermudahkan perhitungan, padahal hal tersebut kurang tepat. Satuan byte merupakan satuan untuk menjelaskan sebuah aturan dalam ilmu komputer dalam menggambarkan kecepatan transfer data atau informasi, dimana dalam setiap satuan tersebut berisi angka-angka biner.

Sehingga pada dasarnya setiap kecepatan akses internet atau kuota internet didalamnya berisi angka-angka biner yang terdiri dari angka 0 dan 1 untuk menjelaskan sebuah informasi dan data. Lebih tepatnya dalam perhitungan biner dalam ilmu komputer 1 GB sama dengan 1024 MB.


1 GB Berapa MB


Lalu secara data lebih lengkapnya apakah ada satuan yang lebih tinggi dari GB (GigaByte) dan lebih kecil dari MB (MegaByte) ? tentu jawabannya adalah pasti ada karena pada dasarnya satuan kecepatan akses atau transfer data tersebut terdapat tingkatanya seperti satuan berat Mg ke Kg atau satuan panjang Mm ke Km.

Baca Juga Biaya Pemasangan IndiHome dan Paket Biaya Bulanan.

 

Lalu 1 GB berapa MB ?

untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat tabel dibawah ini.

SatuanSingkatanDalam Biner setara dengan
1 Byte per secondBps8 bps
1 KiloByte per secondKBps1024 Bps
1 MegaByte per secondMBps1024 KBps
1 GigaByte per secondGBps1024 MBps
1 TeraByte per secondTBps1024 GBps

 

Manfaat Mengetahui Konversi Kecepatan Data

Dalam sebuah lalu lintas data setiap hal yang Anda akses melalui internet seperti mengakses website atau aplikasi sosial media merupakan hasil dari konversi angka-angka biner dalam perhitungan ilmu komputer namun secara pandangan orang awam tentu taunya adalah dalam bentuk data secara visual saja baik berupa teks, gambar maupun video.

Manfaat jika Anda mengetahui perhitungan angka satuan kecepatan akses internet seperti 1 GB Berapa MB tentu  Anda akan bisa mengontrol kebutuhan internet yang Anda miliki. Tentu dengan pengetahuan tersebut secara tidak langsung ada bisa mengetahui berapa besar data internet yang harus Anda keluarkan.

Sebagai contoh jika Anda ingin melakukan download video di youtube dengan kualitas resolusi video tertentu. Di youtube tentu terdapat beberapa pilihan kualitas video seperti 144p, 240p, 360p, 480p (default), 720p, dan 1080p. Dari masing-masing pilihan tersebut tentu memiliki resolusi kualitas gambar tersendiri.

Baca Juga Cara Download Video Youtube tanpa Aplikasi

 

Perhitungan  penerapan 1 GB berapa MB 

Dari proses download data video tersebut bisa diketahui jika Anda memilih kualitas video yang diinginkan dan berapa kuota internet yang dibutuhkan berdasarkan berapa lama proses download video yang dilakukan.

Jika Anda melakukan download video dengan kualitas defaulf 480p maka berdasarkan hitungan biner maka akan menghabiskan kuota sebesar 4MB per menitnya dan 240MB perjamnya. Anda bisa melihat berapa kuota internet yang Anda miliki apakah cukup atau tidak untuk download video di youtube yang Anda lakukan.

Selain manfaat perhitungan kecepatan internet diatas tentu banyak manfaat lainnya jika Anda menimiliki pengetahuan tentang perhitungan data ini.

Sekian artikel dari kami mengenai konversi 1 GB Berapa MB ini. Semoga ulasan diatas dapat memberikan gambaran kepada Anda mengenai informasi kecepatan akses internet 1 GB Berapa MB .

 

Posting Komentar untuk "1 GB Berapa MB Kuota ya? Ini Jawabannya Secara Jelas"