Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Vga RX 550 Harga dan Spesifikasi

Review Vga RX 550 Harga dan Spesifikasi

 

Vga RX 550 adalah salah satu graphic card dengan kualitas terbaik. Peluncuran jenis kartu grafis ini bersamaan dengan seri lainnya. Antara lain ada RX 560, RX 570 serta RX 580.

Produk-produk dari AMD Radeon 500 series merupakan pembaruan dari seri pendahulunya. Yakni RX 400 series. Namun arsitektur RX 500 series sama dengan RX 400 series, yaitu Polaris. Perbedaannya ada pada beberapa pengembangan. Termasuk memory dan base clock. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan efisiensi kerja. Karena proses fabrikasi pada seri baru perlu mendapat peningkatan. Pada zaman yang semakin berkembang persaingan dengan produk lain sangat ketat. 

 

Harga Vga RX 550

Hadirnya RX 500 series mampu mensupport game.Resolusi yang mendukung resolusi 1440p dengan jenis game VR atau Virtual Reality.

Kode VEGA digadang-gadang akan menjadi nama baru dari arsitektur VGA. Kartu graphis dapat mensupport game AAA yang beresolusi 4K. Tipe yang tersedia selain Vga RX 550 adalah RX 560, RX 570 dan juga RX 580.

Harga RX 550 sangat bervariasi. Hal ini tergantung dari besarnya RAM. Ada memori RAM GDDR5 sebesar 2 GB dan 4 GB, harganya menyesuaikan. Base locknya 1100 Mhz serta dapat di boost sampai 1184 Mhz. Seri baru ini mempunyai kecepatan effective 7.00 Gbs. Sehingga tidak memerlukan power eksternal dan akan mengambil power secara langsung dari motherboard.

AMD Radeon RX 550 adalah salah satu seri paling murah. Kisaran harganya sekitar satu juta rupiah. Untuk RAM yang lebih tinggi mempunyai selisih harga sekitar 300 sampai 400 ribu saja.

Anda dapat memilih Vga RX 550 sesuai dengan kebutuhan. Bahkan bisa anda sesuaikan dengan budget yang ada. Game eSports terpopuler di dunia bisa anda mainkan dengan mudah. Misalnya, saja League of Legends, Overwatch, DoTA 2 dan Counter Strike: Global Offensive.

 

Spesifikasi RX 550

Bila anda menginginkan permainan gamer mulus tanpa lag, maka Radeon RX 550 bisa menjadi solusi jitu. Game 3D terbaru dapat anda mainkan dengan resolusi 1080p.

Vga RX 550 mampu menghadirkan permainan game di atas 60 FPS. Hal tersebut berdasarkan uji internal yang dilakukan oleh AMD. Permainan game paling hits bisa anda mainkan secara mulus tanpa lag. Seperti DOOM, Civilization VI, Battlefield dan Overwatch.

RX 550 merupakan kartu grafis level awal keluaran AMD. Produk ini mulai diluncurkan pada April 2017. Prosesor menggunakan grafis Lexa dan pembangunannya pada proses 14 nm. Kartu mempunyai dukungan DirectX12, dalam varian Lexa PRO.

Radeon RX 550 dapat menjalankan berbagai game modern. Prosesor grafis LExa mempunyai ukuran chip rata-rata dengan area die 103 mm persegi dan 2.200 juta transistor.

Berbeda dengan Radeon 550X 640SP yang sepenuhnya tidak terkunci. GPU yang dipakai sama, tapi ada 640 shader tidak aktif. AMD telah menonaktifkan beberapa unit bayangan pada RX 550 supaya jumlah shader target produk tercapai.

Fitur lainnya adalah 512 unit bayangan, 16 ROP dan 32 unit pemetaan tekstur.Dukungan memori GDDR5 2.048 MB telah terpasang pada Vga RX 550. Sehingga para pengguna bisa terhubung memakai antarmuka memori 128 bit.

GPU dapat beroperasi pada frekuensi 1100 MHz. Kemudian bisa meningkat hingga 1183 MHz. Memori berjalan pada 1750 MHz atau efektifnya 7 Gbps.

Kartu grafis ini tidak membutuhkan konektor daya tambahan. Karena telah mempunyai kartu slot ganda. Daya yang ditarik mencapai 50 W. Untuk keluaran tampilan terdapat 1 x DVI, 1 x HDMI serta 1 x DisplayPort. Vga RX 550 dapat tersambung ke seluruh sistem dengan antarmuka PCI-Express 3.0 x 8. Ukuran kartu grafis panjangnya 145 mm, lengkap dengan solusi pendinginan slot ganda. Saat diluncurkan harganya berkisar 79 Dolar AS.

 

Kelebihan RX 550

Vga Card merupakan penerjemah grafis agar dapat terlihat dalam layar monitor. Kartu grafis biasanya mempunyai harga yang cukup mahal. Keberadaan kartu grafis sangat dicari para desain grafis, videografer dan gamer. Selain itu perlu komputer atau laptop yang berkualitas.

Vga RX 550 mempunyai kelebihan pada performanya. Kinerja dan rasio harga jatuh pada kisaran yang pas. Jadi sangat cocok buat anda yang akan merakit atau meng-upgrade laptop.

Produksi menggunakan basis arsitektur GCN generasi ke 4. Kemudian untuk sistem pendinginnya sangat mumpuni. Terdapat dua kipas dengan ukuran 90 mm, Windforce 2X. Desain bilah pada kipas sangat unik.

Tujuan dari desain tersebut supaya lebih efektif dalam meningkatkan aliran udara. Jadi, 23% lebih efektif daripada kipas biasa. Dapat dipastikan jika proses pembuangan udara panas yang berasal dari GPU lebih efisien.

Putaran kipas cenderung mempunyai kecepatan yang rendah. Supaya energi yang keluar lebih efisien. Putaran kipas yang rendah juga membuat suara lebih hening.

Fitur khusus pada sistem pendingin adalah 3D Active Fan, yakni kipas semi pasif saat GPU dalam kondisi temperatur rendah. Para gamer bisa menikmati permainan dalam kondisi tenang meskipun sistem sedang bekerja.

Teknologi Radeon FreeSync pada Vga RX 550 bisa menghilangkan stuttering dan tearing saat gaming. Sensasi bermain semakin menyenangkan dengan adanya port HDMI 2.0b dan koneksi DisplayPort 1.4.

Home theater PC juga cocok dengan RX 550, karena dapat memutar video hingga resolusi 4K. Dukungan penuh dari decoding dan encoding HEVC dan format High Dynamic Range atau HDR memiliki kualitas tinggi.

Kartu grafis ini menjadi future proof karena dukungan teknologi DirectX 12 dan Vulkan API. Jenis kartu grafis ini akan memberikan kinerja yang maksimal dengan umur sistem yang cukup lama.

 

Kekurangan RX 550

RX 550 merupakan model tingkat rendah. GPU ditingkatkan dari versi sebelumnya, namun masih berada level bawah daripada RX 560, RX 570 serta RX 580. Selebihnya sudah mumpuni untuk sebuah kartu grafis pada harga tersebut. Untuk kekurangan pada kartu grafis ini hampir tidak ada sesuai dengan harga yang telah ditentukan.

Apakah anda sudah menjatuhkan pilihan pada Vga RX 550 ? Kartu grafis ini akan menghadirkan pemutaran video yang halus dan menawan dengan resolusi 4K. Tidak perlu khawatir, karena kartu telah dilengkapi dengan satu Dual-link DVI-D, satu DP daan satu port HDMI.

Posting Komentar untuk "Review Vga RX 550 Harga dan Spesifikasi"