Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Spesifikasi VGA RTX 3080 Performa Gaming Lebih Kencang

 

Review Spesifikasi VGA RTX 3080 Performa Gaming Lebih Kencang

Kartu grafis terbaru dari pabrikan chip grafis Nvidia minggu ini telah diperkenalkan. Model yang terbaru ada tiga macam. Antara lain VGA RTX 3080, RTX 3090 dan GeForce RTX 3070. Spesifikasi VGA RTX 3080 lebih baik bila dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Seri terbaru ini merupakan penerus RTX 2080 Ti. Menggunakan basis arsitektur BPU baru dari Ampere dan Nvidia. Kinerjanya semakin meningkat dengan dukungan ray-tracing.

Ray-tracing adalah teknik rendering 3D yang baru. Manfaatnya untuk memvisualisasikan efek sinematis secara real time serta merefleksikan cahaya. Dengan demikian game tampak mirip dengan dunia nyata. Ray tracing juga merupakan kunci utama dari grafis game. 

 

Ketiga model kartu grafis menggunakan proses fabrikasi 8 nm besutan dari Samsung. Kepadatan transistor bisa dikemas dalam satu GPU. RTX 3080 merupakan model flagship dengan 28 miliar transistor. Sehingga lebih efisien dan kencang daripada versi sebelumnya.


Spesifikasi VGA RTX 3080 Terbaru

GeForce RTX 300 hadir dengan performa yang lebih unggul. Hal ini sesuai dengan keinginan para pemain game. Mempunyai dukungan Ampere dan arsitektur RTX generasi ke 2 dari Nvidia.

RT Core dan Tensor Core telah dibangun dengan sempurna. Hal baru lainnya adalah multiprosesor streaming. Selain itu, juga ada memori G6X untuk pengalaman gaming super cepat dan menakjubkan. 


Desain Inovatif

Desain menghadirkan performa termal paling tinggi pada spesifikasi VGA RTX 3080. Di samping itu memakai aliran aksial ganda. Penggunaanya tanpa mengorbankan akustik kipas. 

Sehingga akan memperkuat aliran udara alami  untuk sistem game. Keunggulan ini membuat sistem game menjadi dingin dan tenang.

Desain sempurna meningkatkan kinerja yang berpusat pada aliran udara. Secara visual ada tumpukan sirip terbuka. Selain itu, ada rangka unibody pada bagian lain. Rangka menyuguhkan volume tumpukan sirip dan rigiditas maksimal. Tentu dengan hambatan udara yang sangat minim.

Sistem pendingin terbaru dari spesifikasi VGA RTX 3080 memakai mekanisme dual fan. Panas yang ditimbulkan dengan mudah dapat teratasi.

Aliran udara bisa meningkat hingga 55%. Hal tersebut membuat lebih irit dengan tingkat suara yang lebih rendah. 

Daya yang masuk ke kartu grafis ini memakai konektor 12 pin baru. Ukurannya lebih kecil daripada dua buah konektor 8 pin yang tradisional. 

Tiap unit kartu grafis akan menggunakan adaptor dalam paket penjualannya. Nvidia sudah memastikan hal tersebut. Para pembeli tidak perlu berbelanja PSU baru.


Kinerja RTX 3080

Kinerja RTX 3080 mempunyai kecepatan clock yang lebih tinggi. Jumlah pixel yang dapat ditampilkan tiap detik mencapai 164.2 GPixel/s. Kinerja titik apungnya 29.77 TFLOPS. Kinerja floating-point ini merupakan ukuran daya proses kasar dari GPU.

Untuk kecepatan memorinya menjadi salah satu aspek penentu bandwidth memori. Ada sekitar 465.1 GTexels/s yang merupakan tampilan jumlah piksel pada layar tiap detiknya.

Spesifikasi VGA RTX 3080 pada port memakai keluaran HDMI. Stream processor merupakan prosesor kecil dalam chip. Prosesor ini memiliki tanggung jawab dalam memproses gambar dan aspek lainnya.

Perangkat ini dapat mengirim video maupun audio tinggi. Dukungan bandwidth lebih tinggi menggunakan versi HDMI. Untuk itu resolusi dan kecepatan bingkai semakin tinggi pula. 

Kelebihan lainnya dapat terhubung ke layar via DisplayPort. Dengan banyaknya port HDMI, maka banyak perangkat yang bisa digunakan secara bersamaan. Misalnya saja set-to box dan video game console. Selain itu, bisa juga terhubung memakai mini DisplayPort dan DVI.

Grafik yang lebih baik didukung adanya DirectX. Untuk permainan menggunakan OpenGL versi terbaru. Banyak fungsi dan performa yang telah diperbarui menggunakan OpenCL dalam pengaturan GPU.

NVidia VGA RTX 3080 dapat mengkonfigurasi beberapa monitor. Fungsinya untuk menciptakan game terbaik dengan bidang pandang yang luas.

Penambahan versi memori GDDR memberikan kecepatan pemindahan data dengan peningkatan kinerja. Untuk menghindari kerusakan saat menjalankan server, ada memori kode perbaikan kesalahan. Sehingga kerusakan data akan terdeteksi. 


Harga VGA RTX 3080

Apabila berbanding dengan RTX 3070, spesifikasi VGA RTX 3080 mempunyai kisaran harga yang lebih tinggi. Patokan harga RTX 3080 kisaran 699 Dolar AS atau kurang lebih 10,3 juta. Kemungkinan mulai tersedia di pasaran mulai akhir tahun ini. 

Sebenarnya RTX 3070 juga sudah menjadi pilih menarik. Pasalnya, RTX 3070 mempunyai 5.888 CUDA cores. Kecepatan clock 1,71 GHz dengan RAM GDDR6 8 GB.

Memang tidak sebesar RTX 3080 mengenai spesifikasinya. Namun bila dipraktikkan, kinerja kartu grafis ini lebih unggul dari RTX 2080 Ti. Performa bisa melampaui RTX 2080 Ti dengan harga hanya separuhnya saja. Perbandingannya adalah RTX 3070 hanya 499 Dollar AS. Sedangkan RTX 2080 Ti Founders Edition kisaran harganya 1.200 Dolar AS.

Ukuran kartu RTX 3090 sungguh masif. Ketebalannya memakan 3 slot PCle. Jumlah CUDA core lebih banyak daripada RTX 3080. Paling unggul terletak pada memorinya yang dengan kapasitas besar.

RTX 3090 mempunyai performanya lebih cepat pada suhu yang lebih adem sebesar 50%. Apabila berbanding saat dikomparasi bersama Titan RTX. Hadirnya port HDMI 2.1 memungkinkan setup hanya butuh satu kabel saja. Segera pinang untuk menikmati sesi gaming dengan resolusi tinggi, yakni 8K 60 fps.

Sementara untuk versi teratas RTX 3090 berkecepatan clock 1,70 Ghz dengan 10.496 CUDA cores. Kapasitas RAMnya GDD6X sebesar 24 GB. Harga versi tertinggi lebih mahal bila daripada yang lainnya. Jadwal pengirimannya kemungkinan September tahun ini. Bandrol harga yang ditawarkan 1.499 Dollar AS atau sekitar 22,1 juta.

Bila meninjau dari segi harga, RTX 3080 mendapat pencapaian yang mengesankan. Karena harga sebanding dengan kualitas yang ada. Melalui RTX 3080, Nvidia mampu menghadirkan kualitas yang konsisten. Para gamer bisa menargetkan resolusi 4K 60 fps atau dilengkapi dengan efek ray tracing aktif. 

Apabila sudah tidak sabar untuk melihat seri terbaru kartu grafis terbaru, tunggu rilisnya akhir tahun ini. Spesifikasi VGA RTX 3080 dan RTX 3090 akan meluncur bersamaan. Sedangkan RTX 3070 akan menyusul bulan berikutnya.

Posting Komentar untuk "Review Spesifikasi VGA RTX 3080 Performa Gaming Lebih Kencang"