Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Klien

Cara Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Klien - Berbisnis sangat membutuhkan relasi yang berkualitas karena menyangkut kelangsungan bisnis yang akan kita bangun. Selain itu anda juga harus membuat klien saat ini senang, karena semakin lama mereka bersama Anda, semakin Anda memahami kebutuhan dan tujuan mereka, sehingga semakin baik Anda dapat memenuhi layanan Anda untuk memenuhi mereka.

Untuk bisnis apa pun, kesuksesan jangka panjang bergantung pada membangun hubungan klien jangka panjang. 10 tips berikut akan membantu Anda melakukan hal itu. Simak ulasan kami dibawah ini selengkapnya.

1# Berikan sesuatu yang mengejutkan

Hanya memberikan pelanggan Anda kiriman dalam kontrak Anda tidak cukup. Yang diharapkan dan dibutuhkan. Untuk mempertahankan hubungan klien jangka panjang, Anda harus memberikan nilai secara lebih. Beri mereka lebih dari yang mereka harapkan untuk menambahkan faktor "wow".

Contoh sederhana adalah melakukan perayaan kecil jika terjadi deal kontrak sebuah bisnis dengan memberikan bingkisan, mengajak makan santai bersama atau ucapan selamat ulang tahun pada saat tanggal lahir mereka.

2# Perjelas biaya dalam kontrak bisnis

Jika Anda memiliki kebiasaan mengejutkan klien Anda dengan tagihan besar, Anda tidak akan membuat klien Anda bertahan lama. Pastikan persyaratan dipahami terlebih dahulu, dan selalu diskusikan biaya tambahan sebelum Anda melakukan pekerjaan – bahkan jika biaya tersebut termasuk dalam kontrak awal.

Dengan merinci biaya yang jelas dalam kontrak bisnis membuat klien lebih mempersiapkan dana keuangan yang mereka miliki, sehingga mereka akan tahu sejak awal bahwa apa yang mereka pesan sesuai dengan biaya yang dimiliki klien.

 

3# Libatkan klien dalam bisnis

Anda mungkin sedang melalui proses rebranding, atau Anda mungkin mencoba menentukan lini layanan mana yang harus difokuskan untuk ditingkatkan di tahun depan. Bawa klien terbaik Anda selama proses tersebut. Dengan melibatkan klien Anda, mereka akan merasa memiliki kepentingan dalam kesuksesan Anda, seperti halnya Anda dalam kesuksesan mereka. Mereka akan menjadi mitra, bukan hanya klien, dan akan tetap bersama Anda untuk jangka panjang.

Ketika klien Anda mencapai tonggak sejarah, atau jika Anda membantu mereka meluncurkan komponen baru bisnis mereka (seperti situs web), rayakan! Selenggarakan pesta, ajak mereka makan malam, atau cukup kirimkan kartu ucapan selamat. Bagikan kesuksesan mereka, dan mereka akan membantu Anda mencapai kesuksesan Anda sendiri.

 

4# Beri perhatian terhadap klien

Banyak pelaku bisnis yang tidak secara langsung berterima kasih kepada klien mereka, terutama karena menjangkau dengan ucapan terima kasih yang cepat dapat membuat klien merasa begitu istimewa dan dihargai sehingga mereka bahkan tidak akan mempertimbangkan perusahaan lain. Kirim kartu ucapan liburan. Luangkan waktu 10 menit untuk menelepon klien terbaik Anda dan berterima kasih atas bisnis mereka.

Tanyakan kepada klien Anda bagaimana Anda dapat melayani mereka dengan lebih baik. Dialog yang terbuka dan jujur ​​akan membuat klien mendukung Anda, dan mereka akan menjadi pendukung setia bisnis Anda di antara rekan-rekan mereka. Anda akan menjadi bisnis yang lebih baik, dan penjualan Anda secara keseluruhan akan meningkat.

 

5# Kenali dan perlakukan klien selayaknya manusia

Kenali pelanggan Anda sebagai manusia, bukan nomor faktur. Ketahui nama pasangan dan anak-anak mereka, di mana mereka bersekolah, dan apa hobi mereka. Koneksi pribadi tidak diragukan lagi merupakan koneksi paling kuat dalam semua bisnis. Ikuti aturan emas, dan benar-benar peduli dengan kesuksesan klien Anda.

 

6# Kenalkan semua jasa dan produk kepada klien

Beberapa tahun yang lalu setelah perusahaan saya membuat situs web untuk klien tertentu, saya terkejut mengetahui bahwa klien telah menyewa perusahaan lain untuk mengelola konten mereka. Dalam semangat pemahaman yang lebih baik di mana kami salah, saya menelepon klien saya dan bertanya mengapa mereka merasa mereka berada di tangan yang lebih baik dengan perusahaan lain.

Jawabannya sederhana: Mereka tidak tahu kami membuat konten web. Sekarang, saya selalu memberi klien saya daftar semua layanan yang kami sediakan di muka; dan setiap kali saya melihat mereka tertarik pada strategi pemasaran tertentu, saya memastikan mereka tahu komponen apa dari strategi itu yang dapat kami tangani.

 

7# Bersikap fleksibel dalam menghadapi masalah bisnis

Secara kreatif dan untuk kepentingan klien Anda. Jika masalah muncul, dan mereka akan melakukannya, selesaikan dengan cepat. Jadilah fleksibel. Sebuah kontrak mungkin merupakan dokumen hukum, tetapi tidak diatur dalam batu yang kaku dan keras dalam urusan penyelesaian bisnis.

Adakalanya kita tidak mengukur sesuatu harus melalui uang dan sesuai kontrak yang tertulis, ada nilai psikologi yang harus kita bangun kepada klien dengan meningkatkan nilai empati kepada mereka tanpa harus dibayar dengan uang. Dengan bekerja fleksibel dalam menyelesaikan segala masalah bisnis akan menjadikan klien lebih dekat dengan anda.

Hubungan klien jangka panjang sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang Anda. Masukkan tip-tip ini ke dalam filosofi bisnis Anda, dan Anda akan menuai imbalan finansial. Sekian ulasan kampustekno mengenai cara membangun hubungan jangka panjang dengan klien ini semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Posting Komentar untuk "Cara Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Klien"